Selasa, 26 Juni 2012

laporan uji saraf





UJI SARAF

I.                  Tujuan :
                   Mengetahui sehat dan tidaknya suatu sel saraf pada lutut.
II.               Teori :
Gerak refleks berjalan sangat cepat dan tanggapan terjadi secara otomatis terhadap rangsangan, tanpa memerlukan kontrol dari otak. Jadi dapat dikatakan gerakan terjadi tanpa dipengaruhi kehendak atau tanpa disadari terlebih dahulu. Contoh gerak refleks misalnya berkedip, bersin, atau batuk. Dimana gerak refleks ini merupakan gerak yang dihasilkan oleh jalur saraf yang paling sederhana. Jalur saraf ini dibentuk oleh sekuen dari neuron sensorik ,interneuron, dan neuron motorik, yang mengalirkan impuls saraf untuk tipe refleks tertentu. Gerak refleks yang paling sederhanahanya memerlukandua tipe sel saraf, yaitu neuron sensorik dan neuron motorik. Gerak refleks bekerja bukanlah dibawah kesadaran dan kemauan seseorang.
Pada gerak refleks, impuls melalui jalan pendek atau jalan pintas, yaitu dimulai dari reseptor penerima rangsang, kemudian diteruskan oleh saraf sensori ke pusat saraf, diterima oleh set saraf penghubung (asosiasi) tanpa diolah di dalam otak langsung dikirim tanggapan ke saraf motor untuk disampaikan ke efektor, yaitu otot atau kelenjar. Jalan pintas ini disebut lengkung refleks
Alat dan Bahan :


*      Pemukul , seperti tulang




*      lutut
III.           Cara Kerja :
1.        Duduklah diatas meja dengan kaki tergelantungan.
2.        Lemahkan kaki atau rileks.
3.        Kemudian siapkan pemukul dan pukullah bagina lutut yang di tendon lutut sampai terjadi ransangan dan kaki sampai bergerak kedepan dengan refleks.

IV.            Data Pengamatan :
No.
Nama
Refleks Lutut
Ket
Kaki kanan
Kaki kiri
1.
Nurul Fajriani Usman
iya
iya
Normal
2.
Supriati Sudirman
iya
iya
Normal
3.
Irna Ansari
iya
iya
Normal
4.
Elisa Rusnita
iya
iya
Normal
5.
Sukmawati
iya
iya
Normal
6.
Indra Juniawan
iya
iya
Normal

V.               Pertanyaan :
1.     Jelaskan pengertian gerakan refleks ?
2.     Jelaskan mengapa bagian lain ditubuh kita tidak memiliki gerak refleksnya ?
3.     Jelaskan factor-fakto penyebab sel saraf itu lemah?
4.     Gambarkan dan jelaskan lengkungan refleks pukulan !
VI.            Jawaban :
1.     Gerak refleks adalah gerak yang dihasilkan oleh jalur saraf yang paling sederhana.




2.     Factor-factor oenyebab sela saraf menjadi lemah yaitu :
a. Kurang Tidur
a.   Stres
3.     Lengkung refleks sederhana, melibatkan sejumlah struktur reseptor yaitu organ indera yang khusus bagian akhir kulit atau fusus neuromuskularis yang perangsangannya memprakarsai suatu impuls neoron aferent yang mentransmisi impuls melalui suatu saraf perifer ke susunan saraf pusat, tempat di mana saraf bersinaps dengan suatu neuron interkalasi, satu atau lebih neuron interkalasi menyampaikan impuls ke saraf eferent.Neoron eferent berjalan keluar dalam saraf dan menyampaikan impuls ke suatu efektor. Dan efektor yaitu otot ( otot polos, lurik, atau otot jantung ) atau kelenjar yang memberikan respon.
Sementara kesatuan anatomik susunan saraf adalah neuron, maka kesatuan fungsionalnya adalah lingkungan refleks ini merupakan dasar anatomik untuk kegiatan – kegiatan refleks diluar pengendalian kemauan kita, ini berarti reaksi – reaksi yang lebih kurang bersifat otomotik dan tidak berubah-ubah yang tidak melibatkan pusat-pusat fungsional susunan saraf pusat yang lebih tinggi.
Pada lengkung refleks ada yang disebut monosinaps dan polisinaps, jumlah sinaps dalam lengkungan bervariasi dari 2 sampai beratus-ratus. Pada kedua jenis lengkung refleks ini, tetapi terutama pada lengkung refleks polisinaps, aktivitasdi ubah oleh fasilitasi spesial dan temporal oklusi efek subliminimal dan efek lainnya.

VII.        Kesimpulan :
Berdasakan hasil pengamatan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa gerak refleks adalah gerakan yang tidak disadari yang timbul karena adanya rangsangan dan merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang terjadi jauh lebih cepat dari gerak biasa
Saran
1.      Sebaiknya kepada pihak laboran agar memperbaharui alat      laboratorium yang digunakan seperti kebersihan alatnya.



          .



























Lampiran :




























                                           
   


























                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar